Cloud Storage


Cloud Storage
Clouge storage adalah layanan internet yang menyediakan ruang penyimpanan untuk pengguna komputer. Cloud storage merupakan tempat penyimpanan online yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Selain menyimpan file cadangan di perangkat penyimpanan fisik seperti hard drive eksternal atau USB flash drive,cloud storage menyediakan cara aman untuk menyimpan data penting dari jarak jauh. Penyimpanan online biasanya menggunakan jaringan besar server firtual yang dilengkapi dengan alat untuk mengelola file dang mengatur ruang penyimpanan virtual.

Cara Kerja Cloud Storage

Ketika pengguna menggunakan file dan folder di komputer atau perangkat seluler ke server internet,file yang diunggah berfungsi sebagai cadangan jika file asli rusak atau hilang. Menggunakan server cloud memungkinkan pengguna untuk mengnduh file ke perangkat lain bila diperlukan. File-file tersebut biasanya dilindungi oleh enskripsi dan diakses oleh pengguna menggunakan login dan kata sandi. Fila-fila selalu tersedia untuk pengguna,selama pengguna memiliki koneksi internet untuk melihat atau mengambilnya.

Manfaat Cloud Storage

1. Sebagai Alat Berbagi
Layanan cloud storage dapat Anda gunakan untuk membagi file yang Anda punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihannya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengunggah file yang akan disebarkan.

2. Memudahkan dalam Pengarsipan Data
Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Dimana ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk dan lain sebagainya. Tentunya ketika data penting dalam suatu bisnis rusak atau hilang maka akan menjadi sebuah masalah yang besar mengingat data tersebut merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan bisnis anda.

3. Dapat Berkolaborasi
Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

4. Kontrol Data
Ketika berkolaborasi, seringkali Anda saling mengirim file (entah lewat email atau flashdisk). Makin lama Anda bisa dibuat bingung dengan yang mana file yang benar, judul yang semakin tidak jelas, dll. Dengan data di cloud, file tetap sama, dan Anda bisa menambah catatan untuk perubahan yang dilakukan (changelog).

Penyedia Layanan Cloud Storage

1. Amazon Drive
Hasil gambar untuk gambar amazon drive
 Menyediakan kepada pengguna 5 GB cloud storage gratis kepada pengguna yang ingin menyimpan file,foto,dan video. Jika pengguna pengguna memiliki akun Amazon Prima,paket gratis termasuk penyimpanan fototanpa batas dan 5 GB untuk jenis file lainnya.

2. Google Drive
Hasil gambar untuk gambar google drive
            Google Drive merupakan cloud storage yang dibangun untuk bekerja sama dengan produk google dan menawarkan mode offline untuk beberapa kategori dokumen yang tidak memerlukan akses internet. Pengguna menerima 15 GB gratis untuk menyimpan dokumen,foto,music,dan video mereka yang semuanya dapat diakses dari perangkat apa pun.

3. Apple iCloud
Hasil gambar untuk gambar apple icloud
            Apple iCloud adalah cloud storage untuk Mac,iPhone,iPad,iPod touch,dan PC Windows. Pengguna menerima 5 GB penyimapanan gratis untuk cloud storage foto,video,dokumen,dan lain-lainnya. Beberapa penyimpanan lebih besartersedia dengan biaya tambahan.

Pertimbangan saat Memilih Penyedia Cloud Storage
1. Keamanan
    Data harus tetap dienskripsi untuk menjaga tetap aman
2. Harga
    Harga ditentukan oleh seberapa banyak ruang yang kita butuhkan. Banyak layanan member kita masa uji coba,atau jumlah penyimpanan gratis untuk memungkinkan kita mencoba layanan mereka.
3. Kemudahan Penggunaan
    Mengunggah dan mengakses file di penyimpanan awan harus jelas dan mudah dimengerti.

Kelebihan Cloud Storage :

1. File Tidak Mudah Rusak
Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

2. Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak
Media penyimpanan tidak mudah rusak karena tidak berupa benda fisik. Penyedia pelayanan akan menjaga server dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Ketika terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah secara otomatis menyiapkan back-up data yang disimpan di dalam server tersebut.

3. Tidak memenuhi media penyimpanan fisik yang dimiliki
Ketika kita menggunakan cloud storage tentunya akan jauh lebih mengemat tempat padida media penyimpanan tambahan lain seperti hard disk atau flash disk karena da akan tersimpan pada database dalam bentuk digital sehingga tidak akan memenuhi memori penyimpanan di dalam pc maupun hp.

4. Bisa Diakses Dimana Saja
Dengan menggunakan cloud storage kita tidak perlu membawa hard disk maupun flash disk lagi kemanapun karena semua data yang akan kita gunakan sudah tersimpan di server. Ketika kita membutuhkannya tinggal membuka dan mengunduhnya saja kapanpun  dan dimanapun yang terhubung dengan jaringan internet.

5. Keamanan Privasi
Privasi kita juga lebih terjaga karena hanya kita sendiri yang dapat mengakses maupun mengelolahnya, beda dengan media penyimpanan seperti flashdisk yang bisa di pinjam orang lain dan otomatis pengguna lain dapat melihat isi file kita. Sedangkan Cloud Storage untuk mengakses di perlukan login ke akun terlebih dahulu menggunakan Username dan Password.

Kekurangan Cloud Storage :

1. Membutuhkan Akses Internet
Ketika kita akan mengakses data-data yang akan digunakan kita harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat mengakses cloud storage, jika tidak maka aplikasi ini tidak dapat diakses. Untuk dapat mengunggah maupun menyimpan file dengan cepat juga sangat dibutukan koneksi internet yang stabil.

2. Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi
Apabila kita akan menyimpan data yang memiliki ukuran yang besar tentu akan menjadi masalah jika internet tidak dalam kondisi stabil. Koneksi internet harus dalam kondisi stabil dan cepat unmtuk dapat mengakses file secara cepat, jika tidak maka akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down
Ketika server mengalami down, maka data yang telah disimpan dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

4. Rentan Terhadap Peretasan
Cloud storage juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. File-file ataupun data yang telah kita simpan di dalam cloud storage bisa saja dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software (Perangkat Lunak)

Perangkat Input

Perangkat Output